jump to navigation

270 Peserta Ikuti Cerdas Cermat 4 Pilar NKRI Desember 30, 2011

Posted by smpn3cipongkor in Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Lebih dari 270 siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi (PT) yang ada di sejumlah wilayah di Kab. Sumedang, Kab. Bandung, dan Kota Bandung mengikuti Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di aula Kompleks Perumahan Caringin Garden Residence Jalan Caringin, Kec. Jatinangor, Kamis (29/12). Masing-masing sekolah mengikutsertakan 3-7 siswa.

Kegiatan pendidikan itu berkaitan dengan kegiatan sosial massa reses anggota Komisi I DPR RI, Dr. Hj. Rd. Adjeng Ratna Suminar, S.H., terhadap para siswa SD, SMP, SMA, SMK sebagai penerus pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Indonesia. Dalam pelaksanaan model baru cerdas cermat yang langsung bertatap muka dengan masing-masing siswa itu, Adjeng dibantu guru pembimbing, Lilis dan tiga guru lainnya langsung melontarkan berbagai pertanyaan kepada para siswa tersebut.

Materi pertanyaan yang disampaikannya, mulai dari sila-sila Pancasila berikut pemahaman, makna, dan realisasinya dalam kehidupan sehari-hari. Adjeng juga menanyakan lagu-lagu wajib (nasional) atau kebangsaan Indonesia, mulai dari lagu “Indonesia Raya”, “Syukur”, “Maju Tak Gentar”, “Pancasila”, dan lagu-lagu lain yang harus dipahami para siswa. Sejumlah siswa yang hadir pun dicoba untuk menyanyikan lagu-lagu tersebut, kendati di antara mereka ada yang belum memahami tentang lagu-lagu wajib tersebut.

“Saya sempat prihatin dan sedih, ketika bertanya kepada siswa ada yang belum paham lagu-lagu wajib. Padahal, sewaktu kita sekolah seperti mereka, lagu-lagu wajib itu sudah menyatu di dalam diri kita,” kata Adjeng kepada wartawan seusai cerdas cermat 4 pilar kebangsaan NKRI tersebut.

Keprihatinan Adjeng pun disaat mengetahui ada sejumlah siswa yang belum mengetahui implementasi di lapangan terkait dengan Pancasila. Kendati mereka hafal betul menyebutkan lima sila Pancasila tersebut.

“Kalau para siswa itu masih melawan kepada orangtua, berarti belum mengimplementasikan Pancasila,” katanya.

Adjeng sempat mengingatkan kepada para siswa untuk bersikap santun dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga sempat mengingatkan kepada mereka disaat melakukan aksi demo atau unjuk rasa harus bersikap tertib.

“Silakan demo, tapi jangan menghina atau menghujat pemerintah. Pokoknya, anak-anak jangan sembarangan melakukan aksi demo, apalagi sampai menghujat,” kata Adjeng di hadapan ratusan para siswa tersebut.

Rissa Mutiani (13) dan Fatma (13), keduanya siswi kelas I SMPN 1 Ibun adalah siswa yang ikut Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan. Menurut Rissa, selama mengikuti cerdas cermat tersebut, ia ditanya tentang makna Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan.

sumber : galamedia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: