jump to navigation

Bangun Fly Over Cimareme KBB Siapkan Rp 4 M Oktober 28, 2011

Posted by smpn3cipongkor in Uncategorized.
Tags:
trackback

Pemerintah Kab. Bandung Barat telah menyiapkan dana sebesar Rp 4 miliar untuk pembangunan fly over di Jalan Raya Cimareme-Padalarang, Kab. Bandung Barat (KBB). Dana yang bersumber dari APBN ini akan digunakan untuk pembebasan lahan di lokasi pembangunan jembatan layang ini. Pembangunan jalan layang Cimareme diharapkan bisa mengatasi persoalan kemacetan.

“Kita sudah positif dan sudah melakukan pembagian tugas. Pembangunan fly over ini (Cimareme, red) didahulukan di antara rencana fly over lain di pertigaan Tagog, Padalarang,” ujar Bupati KBB, Abubakar kepada wartawan di Cisarua, Senin (24/10).

Dikatakan, desain fly over sudah jadi dan tinggal disosialisasikan kepada warga yang tanahnya akan dibebaskan. Ia mengungkapkan, pembangunan fly over Cimareme merupakan kebutuhan mendesak, mengingat jalur tersebut saat ini sudah sangat padat. Hal itu terjadi karena di sekitar jalur iniu terdapat sejumlah industri yang memicu kemacetan lalu lintas.

“Pembangunan fly over tersebut diharapkan dapat mengatasi kemacetan di pertigaan Cimareme-Batujajar, baik dari arah Bandung, Cimahi, Batujajar, Padalarang serta dari luar kota yang masuk melalui pintu Tol Cipularang,” katanya.

Kemacetan di pertigaan Cimareme saat ini belum dapat diatasi seiring terus meningkatnya volume kendaraan, terutama pada pagi dan sore hari. Data Dinas Perhubungan (Dishub) KBB menunjukkan, rasio volume dan kapasitas (volume capacity ratio/VCR) di pertigaan Cimareme yaitu 1,34. Angka itu menunjukkan, volume kendaraan yang melintas di jalur tersebut mencapai 3.000 unit, sementara kapasitas jalan hanya mampu menampung 2.779 satuan mobil penumpang.

Rencananya, pembangunan fly over Cimareme dimulai pada tahun 2012 dengan panjang sekitar 1 km. Pembangunan jalan layang ini diperkirakan bakal menghabiskan da na Rp 85 miliar dengan sumber pembiayaan dari APBN dan APBD Jawa Barat.

 

Sumber : HU Galamedia

Komentar»

1. deby - Desember 29, 2011

semoga cepat terlaksana….amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: